JURNALIST IN THE WORLD

Jumat, 18 Mei 2012

Uniknya AKB48

Idol Group asal Jepang ini mulai ramai dibicarakan oleh penikmat musik Indonesia setelah mereka membuka 'cabang' luar negeri pertama yang bernama JKT48. Dalam promosi pengenalan JKT48 sendiri dilakukan dalam iklan-iklan, seperti iklan Pocari Sweat dimana mereka menyanyikan lagu Heavy Rotation milik AKB48.

Namun banyak juga yang mengatakan kalau JKT48 itu pada awalnya ialah plagiat dari AKB48. Well, seperti yang sudah dijelaskan tadi, JKT48 merupakan sister(cabang) AKB48 dalam pengembangan "Project 48" yang sekarang sudah memiliki lima sisters, dengan Indonesia sebagai sister luar Jepang yang pertama.

Sepintas AKB48 ini mirip dengan girlband-girlband kebanyakan. Namun ada beberapa hal yang membuat AKB48 dan (hampir) semua Project 48 lainnya berbeda dengan girlband kebanyakan karena mereka adalahg Idol Group, bukangirlband. Berikut adalah beberapa diantaranya.


#1. Jumlah Anggota

(source)
Seperti namanya, AKB48 memiliki anggota sebanyak 48 orang. Semuanya dibagi kedalam beberapa tim, khusus AKB48 dibagi dalam tiga tim, yaitu ; Tim A, Tim K dan Tim B. Bahkan baru-baru ini, AKB48 berhasil masuk dalamGuinness Book of World Records sebagai "Grup Pop dengan Jumlah Personil Terbanyak". Proses pembagian tim A, K atau B sendiri ditentukan dari waktu dilakukannya audisi, jadi AKB48 tidak dikelompokkan berdasarkan kemampuan menari atau pun olah vokalnya.


#2. Jumlah Anggota dalam Lagu

AKB48 - Beginner
(source)

Jika dalam girlband biasa pada umumnya, maka sebanyak apapun jumlah anggotanya maka semuanya akan tampil dalam lagu atau video klip-nya. Namun pada AKB48 berbeda, dalam beberapa Video AKB48 hanya menampilkan beberapa orang saja. Sepengetahuan saya sampai saat ini, hanya lagu dan MV (Music Video) berjudul Bingo! yang menampilkan ke-48 personil AKB48 secara utuh. Bahkan tidak jarang pula mereka memasukkan anggota dari Project 48 lainnya, seperti pada lagu dan MV Heavy Rotation yang menyertakan dua anggota Tim S dari SKE48 ; Matsui Jurina dan Matsui Rena.


#3. Sistem Lulus dan Regenerasi

Sato Yukari
Lulusan AKB48 (sekarang di SDN48)
(source)
Jika pada girlband biasa, maka mereka akan tetap pada personil awal mereka dan hanya melakukan pergantian personil/formasi kalau hal-hal yang tidak diinginkan (tidak terduga) terjadi, seperti terjadinya perselisihan antar anggota atau hal-hal lainnya.

Kalau pada AKB48 ada sistem yang dinamakan lulus. Hal ini sangat jamak terlihat pada beberapa idol group lainnya di Jepang. Dimana untuk menjaga 'kesegaran' dari suatu grup mereka mengadakan sistem kelulusan dan penerimaan anggota baru.

Sistem ini tapi tidak selalu diterapkan kepada semua anggota, hanya kepada beberapa anggota yang dirasa siap untuk ber-solo karir dan yang sudah melewati batasan umur di AKB48 (biasanya mereka akan dipindahkan ke SDN48). Dan selalu ada tim baru yang khusus ditujukan untuk mendidik para calon anggota dari AKB48 tersebut.


#4. Venue Pribadi

AKB48 Theater
(source)
Konsep Idol Group yang dicanangkan Atsushi-sensei, AKB48 merupakan idola yang bisa dilihat setiap hari. Maka dari itu setiap anggota Project 48 (kecuali JK48) memiliki teaternya sendiri untuk latihan dan tampil hampir setiap hari. Hal ini tentu sangat berbeda dengan girlband lain yang 'hanya' mengandalkan tawaran manggung dari pihak-pihak tertentu yang pastinya tidak jelas kapan dan dimana.


#5. Anime dan Manga

Mungkin hal 'langka' ini yang paling jelas membedakan AKB48 dengan girlband-girlband lainnya. Mereka memiliki versi anime dan manga sendiri. Untuk anime-nya sendiri belum dirilis, namun rencananya akan rilis pada musim semi 2012. Sedangkan untuk versi manga sendiri sudah keluar dengan judul AKB49 - Renai Kinshi Jourei.

AKB0048 (anime)
(source)
AKB49 - Renai Kinshi Jourei (manga)
(source)




Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

Jurnalist Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

visitor *start June 2012

free counters

visitors

free counters

Pengikut

Blog Archive

weather

Entri Populer

About Me

pinguin

fish

hamsterku ^_^

menus

SMS Online ^_^

follow my tweet


Hello !

welcome !

Powered By Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

for Allah SWT

pikacu cursor

Pikachu

twitter bird