JURNALIST IN THE WORLD

Jumat, 18 Mei 2012

Berwisata ke Kebun Bunga 

Penat dan letih dengan semua aktivitasmu? Segarkan diri aja dengan berkunjung ke Taman Bunga Nusantara. Udaranya yang sejuk karena berada di wilayah pegunungan, dan harumnya wangi bunga memberi sensasi tersendiri pada syaraf otak kita yang lagi cenat-cenut. Enggak percaya? Buktikan aja sendiri!
Menuju ke Sana
Buat Idollovers yang sering ke Puncak, Cipanas, pasti deh tahu tempat ini. Letaknya sekitar 100 km dari Jakarta, atau 90 km dari Bandung, tepatnya di Desa Kawung Luwuk, Kecamatan Sukaresmi (Cipanas), Kabupaten Cianjur. Untuk sampai ke tempat ini mudah kok, naik aja kendaraan yang lewat daerah puncak. Setelah melewati Puncak Pass, kita tinggal belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Nah, Taman Bunga Nusantara (TBN) ini enggak jauh dari sana. Sesampainya di TBN, kita wajib membeli tiket masuk dengan harga Rp. 20.000, ini jika kita membeli tiket masuk biasa, di mana kita bakal berjalan kaki mengelilingi TBN. Tapi jika ingin menggunakan kendaraan keliling TBN, maka harga tiket masuknya sebesar Rp. 25.000,-. Nah, terserah kamu deh mau pilih yang mana. Taman seluas 23 hektar ini memiliki koleksi lebih dari 300 varietas bunga di seluruh dunia. Selain itu, taman yang pernah diresmikan oleh mantan ibu negara, Tien Soeharto pada tahun 1995 ini juga memiliki 10 buah taman bunga yang dibangun khusus untuk aneka tanaman asal mancanegara.

Jam Taman

Saat memasuki pintu utama, kita akan langsung disuguhi keindahan taman bunga berbentuk burung merak. Enggak jauh dari sana, terdapat jam raksasa yang juga disusun dari berbagai jenis tanaman bunga. Eits, ternyata jam ini bukan hanya sekedar pajangan, lho! Jam ini bergerak seperti jam normal pada umumnya dan akan berdentang setiap jam. Jam taman ini ternyata dirancang khusus oleh teknisi dari Jepang. Keren ya?

Taman Air
Di taman ini, kita akan menemukan koleksi tumbuhan air seperti Lotus atau bunga teratai dan Teratai Raksasa (Victoria Amazonica). Tanaman Lotus ini berasal dari Asia Timur dan Australia, sedangkan Teratai Raksasanya berasal dari Amerika Selatan. Selain itu, ada juga tanaman Papyrus asal mesir. Asal tahu aja, batang Papyrus ini digunakan sebagai bahan pembuat kertas oleh bangsa Mesir sejak tahun 2750 SM.

Taman Jepang
Taman yang berada di satu area yang dipagari tembok putih tinggi ini menawarkan perpaduan keindahan antara bunga nan hijau, gemericik air, dan bangunan khas ala Jepang. Dibangun pada tahun 1993 oleh seorang perancang taman asal Jepang bernama Hamana Yosuke, taman Jepang ini memiliki konsep sederhana dengan menonjolkan unsur-unsur alam sehingga terciptalah suasana tenang dan damai, seperti layaknya taman di Jepang. Apalagi di­tambah bangunan khas gaya Jepang, hmmm…semakin terasa di Jepang beneran!

TIPS
Jangan Lupakan Ini!
1.Buat Idollovers yang tinggal di Jakarta, sebaiknya berangkat pagi-pagi kalau mau menuju ke sini. Apalagi jika pergi saat weekend atau liburan. Mengingat jalur puncak, jalur macet dan padat. Ini dilakukan agar bisa puas berkeliling ke taman ini, karena taman ini tutup sampai jam 17.30 WIB lho!
2.Karena perjalanan yang jauh dan cuaca puncak yang dingin, sebaiknya isi perut alias sarapan dulu sebelum berangkat. Oh ya, jangan lupa bawa baju hangat atau syal ya!
3.Ingat ya, sepanjang hari kita akan menelusuri taman ini dengan berjalan kaki. Jadi pilih alas kaki yang nyaman biar kaki enggak capai.
4.Jangan buang sampah sembarangan karena akan merusak kebersihan taman yang indah ini.

Wajib Coba!
Taman Labirin
Taman yang berdinding tanaman men­yerupai tembok pembatas setinggi manusia ini berbentuk lorong-lorong, kita bisa berlari menelusurinya hingga ke tengah labirin. Tapi hati-hati jangan sampai tersesat ya, mengingat semua lorong di taman labirin ini sama bentuknya. Agar terhindar dari hal itu, kita bisa membeli peta taman sebelumnya atau minta bantuan teman untuk menaiki sebuah me­nara pengawas yang berjarak kira-kira 20 meter dari pintu masuk Labirin.
Rumah Kaca
Bangunan yang terbuat dari ± 3000 panel kaca ini didirikan sejak tahun 1996 oleh seorang ahli kaca dari Belanda sebagai tempat penyimpanan tanaman seluas ± 2200 m2. Fungsi rumah kaca ini untuk mengatur kondisi suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya agar bunga dan tanaman yang disimpan di sini tumbuh dengan baik.
Taman Mawar
Siapa yang suka mawar? Di taman ini kita akan menemukan aneka mawar cantik dari berbagai jenis. Ada jenis Hybrid Tea Roses yang berasal dari Amerika Serikat dan Australia. Dan yang lebih unik lagi, nama mawar-mawar di sini diambil dari nama tokoh populer seperti Dolly Parton, Bing Crosby, John F. Kennedy, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jurnalist Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

visitor *start June 2012

free counters

visitors

free counters

Pengikut

Blog Archive

weather

Entri Populer

About Me

pinguin

fish

hamsterku ^_^

menus

SMS Online ^_^

follow my tweet


Hello !

welcome !

Powered By Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

for Allah SWT

pikacu cursor

Pikachu

twitter bird