JURNALIST IN THE WORLD

Jumat, 18 Mei 2012

CHRONICLE 

Siapa yang enggak pingin jadi manusia super? Bisa terbang dan bisa pindahin benda-benda berat dengan kekuatan pikiran. Tapi hati-hati semua ada batasnya lho!
Sutradara: Josh Trank
Bintang: : Dane DeHaan, Alex Russell, Michael B. Jordan, Michael Kelly
Itu yang dialami tiga cowok sekolah menengah, Andrew Detmer (Dane DeHaan), Matt Garetty (Alex Russell), Steve Montgomery (Michael B. Jordan). Mereka bertiga hanyalah remaja biasa persis kamu dan makan cemilan Pringles dan minum minuman ringan Cola. Mereka juga hadapin masa sulit dan senang di sekolah, bikin persahabatan baru, dan menjelajahi momen-momen seru di pesta. Mereka enggak sempurna, konyol dan ceroboh.
Persis kamu yang suka mendokumentasi hal apapun sehari-hari, mereka juga suka merekam kegiatan mereka sampai hal terkecil pun. Itu yang dilakukan Andrew. Nongkrong di bangku stadion sekolah sembari menonton para cheerleader berlatih pun dilakoninya. Hingga suatu malam, Andrew diajak Steve untuk merekam penemuannya bareng Matt yaitu sebuah lubang besar di tanah kawasan hutan. Dengan cueknya mereka iseng masuk ke dalamnya dan menemukan bongkahan meteor dan tiba-tiba semuanya jadi gelap!
Sejak kejadian itu, bongkahan lego bisa mereka mainkan di udara kosong. Memindahkan mobil yang sedang di parkir juga jadi agenda aktivitas konyol mereka. Ya, mereka bertiga punya tenaga telekinesis yang persis dimiliki Magneto, figur manusia super X-Men dan kemampuan terbang mirip Superman! … dan akhirnya keisengan mereka semua itu berakibat fatal!
Memang sih benang merah yang disajikan Chronicle enggak orisinil. Dalam artian, sebelumnya kamu sudah nonton kisah manusia biasa yang punya kekuatan super via seri Heroes tempo lalu. Dan juga, kuadrologi X-Men juga sudah bergulir sebelumnya. Kelebihan film ini, justru karena cara penceritaannya yang apa adanya, dengan kamera tangan biasa – yang juga dilakukan semua orang termasuk kamu. Selama mata kamu menikmati adegan demi adegan, kamu akan merasa seolah-olah sedang menonton kaset video teman. Kehebatan tiga cowok tadi pun jadi terasa nyata seolah-olah kamu sedang berada persis dengan mereka! 
Kekuatan skrip dan plot jadi nilai unggul film ini. Meski kisahnya standar tentang manusia super, tapi konflik yang disodorkan berhasil diolah dengan baik lewat dialog yang standar tapi tajam. Misalnya saja, siapa sangka kalau Andrew adalah pemilik kekuatan super yang paling kuat di antara mereka bertiga sehingga otomatis konflik pun berasal dari dirinya. Selain skrip dan plotnya, kekuatan lain film ini adalah kehebatan efeknya yang begitu halus sampai enggak terlihat mata. Padahal nih Idollovers, kualitas film ini menggunakan jenis kamera yang dibawa dengan tangan (handheld), alhasil kualitas gambarnya persis dengan video keluarga yang dibikin kamu sendiri!
Penyutradaraan yang kuat juga menjadi kehebatan lain film ini. Sang sutradara, Josh Trank, harus sigap mengantisipasi pernik adegan ke adegan berikutnya. Terutama pas adegan mereka bertiga tengah terbang di langit dan bertemu dengan pesawat! Luar biasa! Kalau melihat itu semua salut kagum untuk Josh mengingat ini film layar lebar pertamanya lho, Idollovers.
Secara keseluruhan Chronicle kasih lihat ke kita kalau kekuatan super itu ada batasnya. Kelebihan seperti itu harus digunakan pada tempatnya, enggak bisa seenaknya dipakai.

0 komentar:

Posting Komentar

Jurnalist Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

visitor *start June 2012

free counters

visitors

free counters

Pengikut

Blog Archive

weather

Entri Populer

About Me

pinguin

fish

hamsterku ^_^

menus

SMS Online ^_^

follow my tweet


Hello !

welcome !

Powered By Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

for Allah SWT

pikacu cursor

Pikachu

twitter bird