JURNALIST IN THE WORLD

Rabu, 25 April 2012

GREEN WORLD

Genki de suka?
Kali ini, trendyzha.tk akan mengulas tentang beberapa cara atau benda yang membuat planet bumi yang tercinta ini tetap menjadi dunia hijau. Yuk, di simak. ^D^


ý Kupu-Kupu Kelayakan Hidup

Pemanasan global yang terjadi sekarang ini semakin parah saja reader. Seiring dengan peningkatan suhu bumi yang mencapai 2© (derajat celcius) setiap tahunnya, bumi pun jadi terasa semakin panas saja. Inilah yang membuat banyak bongkahan salju raksasa di Kutub Utara mencair. Enggak heran kalau abrasi terjadi dimana-mana, termasuk di Indonesia. Makanya kita semua harus peduli sama lingkungan, karena kalau enggak, akan terjadi kelangkaan pangan, air dan udara bersih. Reader sudah mengalami sendiri kan bagaimana kotornya udara beberapa tahun terakhir ini, yang diakibatkan oleh polusi, debu dan kotoran?
 
Pada akhirnya, kita memang harus kembali lagi ke alam. Mengingat pencemaran udara, lingkungan, dan lainnya sudah mengepung hingga lingkungan perumahan, dari mana kita bisa tahu apakah suatu lingkungan tertentu masih layak huni atau enggak? Gampang banget, kalau kita melihat masih ada katak, burung atau kupu-kupu di suatu kawasan, itu berarti daerah itu layak dijadikan tempat tinggal. Itu karena ketiga hewan tersebut tergantung banget sama udara dan air bersih. Adakah ketiga hewan itu di lingkungan rumahmu?

ý Kulit Jeruk Usir Nyamuk


Nyamuk jaman sekarang enggak kenal musim, saat kemarau atau musim hujan, mereka selalu saja muncul. Padahal nyamuk berpotensi membuat manusia yang digigitnya mengidap penyakit. Ingat Aedes aegypti kan? Ya, nyamuk jenis ini membawa virus dengue, si penyebab demam berdarah. Belum lagi nyamuk anopheles yang menyebabkan malaria. Kalau sudah banyak nyamuk begitu, dikeluarkanlah senjata untuk mengusirnya, yang biasanya mengandung bahan kimia. Padahal senyawa kimia dalam obat nyamuk ikut menyumbang gas rumah kaca lho reader.

Biar hemat energy (dan biaya), kenapa enggak pakai jeruk saja? Sebuah penelitian menemukan bahwa kulit jeruk ternyata ampuh menahan laju nyamuk lho. Setelah diteliti, itu karena zat lemonen yang ada dalam kulit jeruk bisa menyerang system pernapasan nyamuk dan serangga sejenis. Jadi saat nyamuk mencium aroma kulit jeruk, rasanya seperti tercekik. Makanya kalau habis makan jeruk, kulitnya jangan dibuang ya, pakai saja untuk mengusir nyamuk! Bisa dioleskan ke kulit atau dibakar di obat nyamuk elektrik. ^D^

ý Ayo Daur Ulang CD! 
  
Siapa yang enggak tahu CD alias compact disc. Cakram padat ini berguna banget buat menjadikan kehidupan manusia berwarna. Bayangkan kalau CD enggak ada, kita jadi susah mau nonton DVD, dengerin lagu atau menyimpan data. Sayangnya jumlahnya yang demikian masih membuat penggunaan CD jadi kurang efektif. Maksudnya, orang cenderung membuang CD yang tak terpakai begitu saja. Padahal CD terbuat dari polycarbonate yang dilapisi alumunium serta mengandung plastick.
 
Bayangkan kalau banyak CD yang terbuang begitu saja, sampah logam pun akan semakin meningkat. Padahal ada banyak banget cara untuk mendaur ulang CD. Daripada menuh-menuhin tempat sampah, kita bisa menjadikannya hiasan lho. Kalu punya bakat melukis lebih baik lagi, lukis saja CD sisa kamu dengan aneka gambar menarik. Kalau masih bingung, boleh mencontek gambar-gambar ini. Selamat berkreasi! ^D^

ý Ponsel Daur Ulang


Untuk mengurangi efek pemanasan global, perusahaan telpon genggam dari Finlandia, Nokia, mulai membuat sebuah ponsel yang ramah lingkungan. Meski bukan sepenuhnya daur ulang, tapi beberapa bahan yang digunakannya merupakan bahan daur ulang sperti alumunium, botol plastic minuman serta beberapa materi dari mobil bekas.

Ponsel Nokia 3110 Evolve yang diberi nama Remade yang artinya dibuat kembali. Walau berbahan daur ulang, tapi ponsel ini canggih banget lho! Ponsel ini pun di desain sesuai keinginan penggunanya antara lain dengan menggunakan sidik jari sebagai kunci pengenal dan pembuka. Ponsel Remade ini pertama kali diluncurkan pada Mobile World Congress yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol, pada tahun 2008 lalu.

Kami Cinta Lingkungan! ý

u Ikang Fawzi


Penyanyi senior ini udah lama mempunyai kepedulian terhadap lingkungan. Bahkan Ikang dinobatkan sebagai Duta Kebun Raya Indonesia sejak Januari 2010. Saking pedulinya sama lingkungan, ayah kedua anak ini membuat lagu berjudul Kebun Rayaku, Taman Firdausku.

u Nicholas Saputra
 
Si Rangga dalam Ada Apa dengan Cinta ini udah 3 tahun menjalani hobi bertualang di bawah laut. “Dasarnya aku memang suka sama hewan, jadi suka penasaran pingin tahu perilaku hewan tuh gimana sih, terutama hewan laut,” kata Nico. Dari rasa penasaran itu, akhirnya timbul kecintaannya akan laut. “Alam laut Indonesia itu indah banget lho, sayang banget kalau enggak dilestarikan,” tambah Nico lagi.

u Alicia Silverstone

Reader mungkin masih ingat keperkasaan Alicia di film Batman & Robin. Di dunia nyata, dia adalah sosok cewek yang lembut dan sangat mencintai hewan. Begitu pun pilihan produk organiknya. Dalam sebuah wawancara, Alicia mengungkapkan, “Saat memilih menjadi orang yang ramah lingkungan, saya enggak lagi memilih produk yang menggunakan percobaan terhadap binatang.”

u Lee Na Young

Lee Na Young ternyata peduli banget sama lingkungan. Pola hidupnya juga enggak jauh-jauh dari green living, cewek manis ini suka mematikan lampu dan AC kalau lagi enggak digunakan. Lee Na Young juga pernah berpartisipasi dalam pembuatan 2011 Eco Calendar yang dibuat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap lingkungan.



Arigatou gozaimasu! ^D^

0 komentar:

Posting Komentar

Jurnalist Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

visitor *start June 2012

free counters

visitors

free counters

Pengikut

Blog Archive

weather

Entri Populer

About Me

pinguin

fish

hamsterku ^_^

menus

SMS Online ^_^

follow my tweet


Hello !

welcome !

Powered By Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

for Allah SWT

pikacu cursor

Pikachu

twitter bird