JURNALIST IN THE WORLD

Rabu, 21 Maret 2012

Reader,, (Para pembaca) masih ingat wabah penyakit ulat bulu yang baru-baru kemarin di beritakan? nah, tak jauh tahun ternyata, ada wabah lagi yang sekarang ini, sedang menyerang masyarakat yang tinggal tak jauh dari Surabaya ! wah, sepertinya korban selanjutnya adalah kota-kota di sekitar Surabaya..
serangan sejenis serangga bernama Tomcat sudah mulai menjalar ke sejumlah daerah. pertama kali kasusnya ditemukan di 13 kecamatan di Surabaya, saat ini diberitakan sudah merambah Tuban dan Yogyakarta. bisa jadi, diam-diam sudah menyerang perkampungan warga di sejumlah daerah. hanya barangkali belum terdeteksi. seperti salah satu pengguna facebook dari kecamatan Pare kabupaten Kediri mengaku rumahnya sudah kedatangan 2 ekor serangga Tomcat. wah, harus benar-benar waspada nih yaa.
kemungkinan bisa menjalar ke semua daerah, berdasarkan keterangan Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt, Kepala Pusat Studi Obat Bahan Alami, Departemen Farmasi Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI), kepada JPNN, Rabu (21/3). menurut beliau, pola penyebaran Tomcat ini mirip-mirip dengan serangan ulat bulu yang sempat heboh beberapa waktu lalu.
menurut bapak Sumali, pola penyebaran bukan berantai berdasarkan kedekatan dengan Surabaya. melainkan, bisa terjadi di mana pun yang terdapat tanaman yang menjadi makanan idola serangga Tomcat itu.
"seperti serangan ulat bulu itu, di daeraj mana pun, jenis tanaman yang dihinggapi sama." ujar bpk Sumali. hanya saja, beliau mengaku tidak tahu jenis tanaman apa yang menjadi sasaran Tomcat, serangga berwarna hitam merah orange itu. yang pasti, lanjutnya, serangga itu habitat awalnya di kawasan-kawasan pertanian, pinggir-pinggir sungai, dan daerah berawa. waw, hati-hati, Reader..
karena sudah sulit menemukan makanan di habitatnya, Tomcat pergi mencari makan ke pemukiman-pemukiman warga, mulai dari desa dekat kawasan pertanian, hingga masuk ke kawasan perkotaan.
sebenarnya, kata bpk. Sumali, tomcat bukan menyerang manusia. "hanya arena jumlahnya banyak, ada yang hinggap di tubuh manusia" ujar beliau. (dari berbagai sumber media elektronik)
Bagaimana cara mengatasi jika ada tomcat hinggap di tubuh manusia? "jangan dipukul. tapi cukup diusir dengan cara halus sehingga dia tidak merasa terganggu. kalau merasa terganggu, dia mengeluarkan semacam racun atau bisa dibilang bisa yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, panas dan melepuh." sarannya. wah, menakutkan sekali ya, Reader.
sedangkan kalau dipukul, otomatis tubuhnya pecah dan cairan di dalam tubuhnya menempel di kulit. jika sudah terlanjur kena cairan tomcat bagaimana?
beliau, bpk. Sumali mengatakan, cepat-cepat saja bagian kulit yang kena cairan itu disiram dengan air dan jangan digosok. "kalau bisa kasih insektisida alami yakni minyak serai" ujarnya.
minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. untuk jangka panjang, lanjutnya, harus diidentifikasi jenis tanaman apa yang menjadi makanan tomcat itu. jika sudah ditemukan, maka harus disosialisasikan ke masyarakat. untuk antisipasinya, tanaman itu harus disemprot insektisida, atau sekalian dibabat untuk dimusnahkan.
selain itu, juga harus dicari binatang apa yang menjadi pemangsa serangga itu. "kalau itu burung, harus jelas jenis burungnya. saya tak tahu karena saya bukan ahli nama, bukan juga ahli burung" pungkas beliau. seperti diberitakan, serangga jenis kumbang yang memiliki bahasa latin rovebettle ini memang berukuran kecil, namun bila terkena cairan tubuhnya yang mengandung racun, maka dampaknya cukup mengerikan pada kulit. kulit menjadi panas, merah, bahkan menimbulkan benjolan yang perih.
tomcat, panjang tubuh serangga tersebut sekitar 1-35 mm dengan perpaduan warna orange hitam, sekilas nampak merah orange. sepenggal melihat, bentuknya seperti semut atau kalajengking.
bagi penduduk wilayah Surabaya dan sekitarnya diharapkan berhati-hati, jika wabah mulai tersebar, dann tidak dapat ditangani sendiri, dapat langsung musyawarah atau bersosialisasi dengan bagian kesehatan, keamanan dan kenyamanan, dan pertanian.
sekian dari saya dan terima kasih reader.. semoga bermanfaat. ^_^



0 komentar:

Posting Komentar

Jurnalist Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

visitor *start June 2012

free counters

visitors

free counters

Pengikut

weather

Entri Populer

About Me

pinguin

fish

hamsterku ^_^

menus

SMS Online ^_^

follow my tweet


Hello !

welcome !

Powered By Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

for Allah SWT

pikacu cursor

Pikachu

twitter bird