JURNALIST IN THE WORLD

Jumat, 09 Maret 2012

          Tanggung jawab, pengertian katanya sangat mudah dipahami dan tidak rumit. Maka dari itu, definisi dari Tanggung jawab itu sendiri sangat beragam.. langsung saja, Saya ambil dari salah satu definisi Tanggung Jawab yang mudah dimengerti ialah,
Tanggung jawab = suatu rasa kemilikkan atau kepunyaan, artinya, seseorang merasa mempunyai kewajiban untuk menjaga dan merawat sesuatu hal dengan baik dan tidak boleh membiarkannya begitu saja.
O iya, tanggung jawab itu punya susunan lho..
Berikut susunan (macam-macam) nya :

 1. tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa

Memang tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah kewajiban utama setiap umat yang beragama. Semua orang harus bisa mempertanggung jawabkan segala hal yang dilakukan kepada Allah SWT. Itu adalah salah satu perwujudan tanggung jawab kita kepada-Nya. Dengan itu, kita bisa menjaga kelakuan kita baik di dunia maupun untuk bekal nanti di akhirat. Karena semua yang kita lakukan, Allah mengetahuinya.
  

2. Tanggung jawab kepada diri sendiri


Selain kita mempunyai tanggung jawab kepada Tuhan, kita juga harus bisa bertanggung jawab pada diri sendiri. Jika kita berbohong pada orang lain, itu berarti sama saja kita membohongi diri kita sendiri. Maka dari itu, bertindaklah sesuai dengan hati nurani kita sendiri. Jangan berbuat menyimpang. Kita juga harus bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri, seperti makan, minum, mandi, berpakaian, dll. Style (penampilan) termasuk dalam kategori perhatian pada diri sendiri. Dengan style, kita dapat menunjukkan dari luar, sebagian dari dalam sikap kita kesehariannya. Kalian enggak bakal mau khan, penampilan kalian morat-marit seperti layaknya orang yang tak punya sikap tanggung jawab pada penampilan diri sendiri. Sebab itu, tetap jaga penampilan kalian. Kesehatan diri sendiri juga perlu dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Kita harus memperhatikan pola hidup kita. Apakah baik untuk diri kita sendiri atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bertanggung jawab pada diri sendiri.



 3. tanggung jawab kepada keluarga

Keluarga adalah masyarakat kecil yang biasanya terdiri dari, ayah,
Ibu; suami, istri; anak; kakak, adik. Dengan rasa saling bertanggung jawab di dalam keluarga, secara tak langsung, kita telah menciptakan budaya yang berpengaruh pada kenyamanan, keselamatan, maupun kesejahteraan di dalam keluarga. Sikap tanggung jawab itu sendiri dapat membuat suasana kekeluargaan menjadi rukun dan damai. Namun, tergantung pelaksanaan tanggung jawab masing-masing anggota keluarga. Seperti contohnya ayah, mempunyai tanggung jawab mencari, memberi nafkah dan makan untuk keluarganya. Ibu, taat pada suami dan membimbing anak agar lebih mandiri. Kakak, adik membantu meringankan pekerjaan orang tua terutama ibu. Dengan pelaksanaan tanggung jawab pada masing-masing anggota keluarga berjalan dengan baik, maka keluarga tersebut juga semakin harmonis.

4. tanggung jawab kepada teman



Biasanya, teman itu adalah salah satu tempat curahan hati kita, hayo
bener khan? Maka dari itu, supaya teman kita tidak membenci, menjauh, ataupun marah kepada kita, kita harus tanamkan rasa tanggung jawab kepada sesama teman. Untuk saling bertanggung jawab sesama teman, itu mudah sekali. Cara pokoknya hanyalah saling percaya antar teman. Coba pikir dulu deh, apa hubungannya ya? Oh, ya jelas ada hubungannya sob.. dengan menjalin rasa percaya, teman kita jela stak akan tega membohongi kita, karena kita pun sudah menaruh kepercayaan kepadanya. Nah, otomatis, si dia merasa dan akan bertanggung jawab kepada kepercayaan yang kita berikan ke dia. Sebaliknya juga, rasa tanggung jawab kita terhadap teman akan tumbuh dan berkembang. Yang nantinya, akan membuat rukun dan menciptakan suasana yang bersaudara. Kita juga tidak boleh membiarkan teman kita yang sedang dalam kesulitan. Kita harus membantu teman, karena kita dan mereka sama-sama anak Adam dan Hawa. Jadi, harus saling menjaga satu sama lain. Ayo, ciptakan rasa kompak antar teman!



5. tanggung jawab kepada masyarakat 

Kita adalah makhluk social, tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain
pastinya. Masyarakat adalah orang yang berada di sekitar kita dan tentunya, pernah membantu kita. Tak boleh dilupakan tanggung jawab kita kepada masyarakat, karena masyarakat adalah orang yang paling dekat dengan kita selain keluarga dan teman. Masyarakat itu sendiri mempunyai arti peranan penting bagi hampir seluruh umat manusia. Oleh karena itu, kita harus ikut bertanggung jawab kepada masyarakat khususnya orang-orang yang berada di sekitar kita.



 6. tanggung jawab kepada lingkungan

Untuk tanggung jawab kepada lingkungan, saya rasa hampir semua orang
sudah mengetahui akan hal ini. Termasuk dalam menjaga kebersihan lingkungan dan merawat lingkungan sekitar kita dengan baik dan benar. Saya tidak banyak menjabarkan tentang ini karena hal ini sudah menjadi totalitas masyarakat yang harus dilestarikan dan umum. Saya hanya mengingatkan kata pepatah motivasi, kebersihan sebagian dari iman, dan jika lingkungan kita bersih, kita akan sehat dan lingkungan akan nyaman ditempati dan sedap di pandang.



 7. tanggung jawab kepada negara / tanah air
Banggalah menjadi rakyat Indonesia. Pulau-pulau yang berjajar dikelilingi
samudra-samudra yang luas nan biru, sawah nan hijau, luar biasa hebatnya. Tambang yang melimpah, rempah yang selalu ada, kekayaan-kekayaan alam yang begitu banyak. Janganlah boros dalam menggunakan hasil alam. Kita perlu menjaga tanah air kita, agar tidak terjadi penjajahan lagi, walaupun Negara kita sudah merdeka, bukan berarti kita hanya menikmatinya. Kita mempunyai tanggung jawab kepada tanah air tercinta kita ini. Jika untuk pelajar seumuran kita, sederhana sekali tanggung jawab kita untuk negeri. Apakah itu? Iya, BELAJAR. Kata yang bagi kebanyakan orang meremehkannya. Dengan belajar, jelas kita akan cerdas. Namun, janganlah tujuan belajar kita karena tidak ingin dianggap orang miskin. Orang yang tak mampu pun, belajar demi masa depannya. Kita juga harus lebih rajin dari mereka. Karena keinginan tiap umat manusia, ingin berguna bagi nusa bangsa dan tanah air Indonesia. Jagalah kekayaan alam kita. Rawatlah bumi kita. Dan belajarlah setiap waktu. Kalian ingin Negara kita maju khan? Ingatlah, Negara kita memang sudah merdeka. Namun belum maju. Dari dulu, berkembang terus. Nah, generasi-generasi muda, ayo kita bangkitkan semangat juang kita sama seperti para pahlawan yang membela mati-matian tanah air kita, Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Jurnalist Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

visitor *start June 2012

free counters

visitors

free counters

Pengikut

weather

Entri Populer

About Me

pinguin

fish

hamsterku ^_^

menus

SMS Online ^_^

follow my tweet


Hello !

welcome !

Powered By Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

for Allah SWT

pikacu cursor

Pikachu

twitter bird