JURNALIST IN THE WORLD

Rabu, 21 Maret 2012
Irasshaimase
Genki Desu ka ..
         Bagi penggemar anime, manga, Gundam, atau semua hal yang berhubungan dengan Jepang, pasti pernah mendengar istilah Otaku. apa atau siapakah itu otaku? ayo, kita sama-sama mempelajarinya.

            Pada awalnya, sekitar decade 1980-an, istilah otaku belum dikenal. Namun, sudah ada istilah semacam itu, dengan arti mengandung ejekan, yaitu byoki (sakit). Istilah itu ditujukan kepada penggemar berat yang berlebihan terhadap manga, anime, dan dojinshi manga. Adapun dalam Bahasa Inggris, istilah ini bisa disamakan dengan mania  atau bahkan nerd.
            Istilah otaku pertama kali diperkenalkan oleh kolumnis Nakamori Aiko, dalam artikel “Otaku” no Kenky (Penelitian tentang Otaku) yang dimuat, di majalah Manga Burikko 1983. Dalam artikel itu, istilah otaku digunakan untuk menyebut penggemar berat subkultur (bagian dari budaya), seperti anime dan manga.
            Pada waktu itu, masyarakat luas masih belum mengenal istilah otaku. Media massa kemudian menyebarkannya, seperti radio Nippon Broadcasting System yang menyiarkan program Otakuzoku no jittai (situasi kalangan otaku), pada acara radio Young Paradise.
            Pada perkembangan selanjutnya, sebutan otaku digunakan untuk pria dan wanita belum menikah yang mempunyai hobi anime, manga, idol, videogame, dan PC, tanpa mengenal batasan umur. Anehnya, sebutan itu tak diberikan pada kalangan yang berusia 50 tahun keatas atau berprestasi dalam bidang pendidikan.
            Istilah “otaku” dalam perkembangannya, bisa memiliki arti positif atau negative, tergantung pada situasi dan orang yang menggunakannya. Istilah otaku secara negative digunakan untuk penggemar fanatic suatu hobi, yang tidak bisa dimengerti masyarakat umum. Atau, pada orang yang kurang mampu atau sering tidak mau bergaul dengan orang lain, akibat hobinya itu. Otaku  secara positif, digunakan untuk menyebut orang yang sangat mendalami suatu bidang, hingga mendetail. Ditambah dengan tingkat pengetahuan yang sangat tinggi, sehingga mencapai tingkat pakar, dalam bidang tersebut.
            Di Jepang dan sekarang ke seluruh dunia, istilah otaku juga sering digunakan pada selain penggemar berat anime atau manga, untuk menggantikan istilah mania. Karenanya, muncul istilah Game-otaku, Gundam-otaku, Gunji-otaku (otaku militer), Pasokon-otaku (otaku computer), Tetsudo-otaku (otaku kereta api alias Tecchan), dan lainnya.
            Uniknya, para otaku cukup mudah dikenali dari penampilan luarnya. Untuk segi fashion, ada otaku yang disebut Akiba Kei, yaitu otaku yang gaya berpakaiannya buruk. Kenapa begitu? Karena para otaku lebih suka membeli keperluan hobinya, ketimbang membeli pakaian yang keren. Tapi gak semua begitu, kok. Ada juga otaku yang keren dan modis. Wiizh, asyik khan. Walau tak banyak =P Selain pakaian, para otaku bisa dikenali dari kendaraan atau kamarnya. Mobil mereka lumrah dihiasi gambar tokoh anime, sedangkan kamar para otaku dipenuhi pernak-pernik hobi mereka.
Oya, chotto matte.
Nah, bagi para otaku, kalian bisa memasukkan beberapa foto kamar otaku atau barang anatatachi yang berhubungan dengan anime atau manga disini.. bagi yang memasukkan foto di blog ini, tinggalkan komentar, email, alamat twitter atau facebook milik kalian. Kita berbagi di situs jejaring maya lainnya. Asyik khan membahas tentang anime, manga, gundam, dan lainnya bersama. ^_^
Doumo sugoi..
Kalau ada salah kata dari ore, onegai shimasu give gomen to ore.
Sankyuu..

0 komentar:

Posting Komentar

Jurnalist Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

visitor *start June 2012

free counters

visitors

free counters

Pengikut

weather

Entri Populer

About Me

pinguin

fish

hamsterku ^_^

menus

SMS Online ^_^

follow my tweet


Hello !

welcome !

Powered By Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

for Allah SWT

pikacu cursor

Pikachu

twitter bird